Pilraja di Amarta

Kacaturkeun nagara amarta ngawitan haréngréng ramé ku béja raweuy ku carita sabab raja nu percéka tos badé mungkas lalakon. Ngécagkeun kalungguhan pikeun méré luang jeung kasempetan kanu lian, luyu kana papagon langit nu teu bisa dipungpang.

Ngawitanna haneut kuku tapi beuki lami hawa hoyong jareneng téh asa beuki rongkah. Nu gumasép jadi réa, nu gumeulis beuki ngaluis, mapantes diri ogé ngabéwarakeun sorangan yén pantes jadi pamingpin. Panitia geus sayaga ngagelar saémbara, sarupaning sarat ngabéréndél keur sakabeh rahayat. Hiji prasarat nu wajib dipiboga sakabéh pamilon nyaéta jojodog, nu di jieun tina kai kaboa jeung teu meunang dipulas.

Sanggeus dibéwarakeun jadual saémbara keur ngaganti raja, ampir kabéh jadi loba kasibukan. Ti mimiti wakil raja, girang serat utama, panglima perang nepika komandan upas jeung guru désa tatan-tatan rék ngilu saémbara susuganan jadi raja. Rahayat kabawa riweuh da kudu ngilu kukurusukan ka leuweung neangan kai kaboa. 

Padahal éta kai téh geus suwung dimamana, ukur kari carita. Tapi birahi hayang kawasa mah teu bisa dipungpang. Leuweung larangang diranjah, maung jeung bagong ditalék sugan apal laratanna kai kaboa. Punggawa nagara pakasep kasep hayang kapuji, biasana nyelegon di enggon ayeuna mah leuwih remen kukurusukan. Nitipkeun jangji méré harepan ka sakumna rahayat nu dipanggihan.

Teu kudu nungguan lila, leuweung larangan amarta mindah rupa salin jinis jadi butak bulistir da di taluaran ku réa jelema néangan kai kaboa. Sasatoan nyingkah teu saeutik nu asup ka pilemburan, Amarta mingkin harénghéng.

Ingkang raja Amarta nu nuju jeneng ngarasa hemeng canpuh jeung sedih nempo nagara jadi kawas dirogahala………..

Aerobic diiringi lagu Arab

Jumat pagi disaat mentari mulai bergairah di cakrawala, halaman kantorpun tempat upacarapun berubah warna. Yang biasanya penuh nenjadi lautan kekhi, baju khas PNS atau sekarang disebut ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk upacara atau apel pagi. Sekarang yang hadir masyarakat umum penyuka dan penggiat aerobic atau juga yang kebetulan lewat dengan kostum berwarna warni, berbaju olahraga lengkap dengan sepatu warna ceria, very colourfull.

Musik aerobic membahana dan pop dangdut mengiringi gerak ritmis para penikmat senam untuk tak henti menggerakkan raga meraih bugar.

Tanpa disadari, kakipun ikut menghentak lantai seiring lantunan musik yang menghanyutkan. Sayang tidak bisa bergabung karena terikat dengan jadwal untuk segera bergabung di ruang meeting pagi ini.

Ternyata meeting ditunda karena tamu terjebak macet di Tol Cikampek. Ya udah.. kembali ke ruangan dan menikmati lagi tahapan aerobic yang sudah masuk sesi akhir. Sesi pendinginan. Tentu musiknya yang slow menggantikan medley dangdut koplo.

Tebak lagu apa yang mengiringi?.. lagu dan musik arab.. wow, bolehkah?.. agak risih juga masa lagu lirik arab dipake mengiringi areobic?… trus yang aerobicnya ada beberapa berpakaian merecet (bhs sunda : baju ketat, pas di badan).

Telinga dipasang lebih siaga mendengarkan lirik lagu tersebut. Soalnya klo sholawat udah sering dengar, klo ini kayaknya pop arab gituuu. Jadi musti berbaik sangka dan cek and ricek dulu (Tabayun). Biasanya yang gampang ngikutin nanti pas refrainnya. Bener saja, pas refrain terdapat beberapa kali ulangan kata ‘kun anta”. Nggak nunggu lama, langsung kontak mbah google.

Jreng…..

Ternyata itu lagu pop arab dari penyanyi asal Kuwait yang bernama Humood AlKhuder serta makna liriknya bersifat umum. Artinya bukan sholawatan atau puji-pujian kepada Allah SWT.

Untuk lengkapnya, nih hasil dari mbah google, ada blog yang berbaik hati menterjemahkan. Nich inih….

Lirik Arab & Latin Kun Anta – Humood AlKhudher

لأجاريهم، قلدت ظاهر ما فيهم

فبدوتُ شخصاً آخر، كي أتفاخر

Liujarihim, qoldat tu zohiru ma fihim 

Fabadautu syakhsan aakhar, kai atafaa khar

Ketika ingin bersaing dengan yang lain aku ingin meniru sifat luar dan dalamnya. Jadi aku bisa menjadi seseoran lain dengan bangga.

و ظننتُ أنا، أنّي بذلك حُزْت غنى

فوجدتُ أنّي خاسر، فتلك مظاهر

Wa zonan tu ana, anni bizalika huztu ghina

Fawajad tu anni kha-sir, fatilka mazohir

Dan aku kira jika aku lakukan itu aku akan mendapatkan kelebihan, tetapi aku hanya mendapat kerugian dari sifatku itu.

لا لا

لا نحتاج المال

كي نزداد جمالا

جوهرنا هنا

في القلب تلالا

La la

La nahtajul ma la 

Kai nazdada jama la

Jauharna huna

Fi qalbi talala

Tidak tidak, kita tidak membutuhkan harta untuk kebagusan, mutiara ada disini, didalam hati ia bersinar.

لا لا

نرضي الناس بما لا

نرضاه لنا حالا

ذاك جمالنا

يسمو يتعالى

La la

Nurdhin nasi bima la

Nardhohu la na ha la 

Za ka jamaluna

Yasmu yataa’la

Kita tidak perlu memandang pandangan orang lain yang tiada, keadaannya nya tidak sama dengan kita. Itulah keelokan kita, semakin naik keatas

Oh wo oh… Oh wo oooh… 3x

كن أنت تزدد جمالاً

Kun anta tazdada jamala 

Jadilah diri sendiri, pasti akan menambah keelokanmu

Oh wo oh… Oh wo oooh…3x

كن أنت تزدد جمالاً

Kun anta tazdada jamala

Jadilah diri sendiri, pasti akan menambah keelokanmu 

لا لا لا لا لا لا لا لا

أتقبّلهم، الناس لست أقلّدهم

إلا بما يرضيني، كي أرضيني

La la la la la la la la 

Attaqabbalhum, anna-su lastu qalliduhum 

Illa bima yurdhi-ni, kai urdhi ni

Tidak Tidak Tidak

Aku menerima mereka, tapi aku tidak meniru mereka

Kecuali apa yang telah kuterima dan aku menyukainya

سأكون أنا، مثلي تماما هذا أنا

فقناعتي تكفيني، ذاك يقيني

Sa akunu ana, mithli tamaman hazana

Fakona a’ti takfini, za ka yaqi ni 

Aku ingin menjadi diri sendiri, inilah kesempuranaanku

Cukup dengan hal ini, dan aku yakin itu.

Sumber : http://www.lirikterjemahnya.blogspot.com

Lega sudah rasa ini dan tiada suudzon kepada instruktur senam yang mempopulerkan lagu “Kun Anta” ini untuk sesi terakhir aerobic di halaman utama kantorku. 

La la la…..  

Wassalam (120517)

Kacapi salira

Jentréng kacapi kahirupan ngawirahma mulutan katresna. Nyulusup na dada mentok muru jajantung nu ngadadak ratug. Rasa kadeudeuh bet jadi nyaliara. Meulit kana uteuk ngabatek kahayang, jadi poho sagalana.

Padahal ukur sapira, wirahma rasa ngahaleuangkeun panineungan. Basa harita mimiti wawuh ka salira. 

“Punten bapa, kénging enéng ngiring diajar ngajentréngkeun kacapi?”

Éta pertarosan nu ngajentréngkeun sagala rasa. Témbok sakola nyakséni, kacapi daria bisa mawa bibit rumpaka keur ngagayuh dunya.

Sanajan sareng salira teu junun ka balé nyungcung. Tapi rasa nu ngajorélat dina lamunan, ngawangun kasono nu teu bisa dilisankeun. Ngagayuh ka janari, kacapi ditangkeup bari lalaunan diusapan.

5 poin target di Bulan Ramadhan 1438 H

​Assalamualaikum Wr Wbr

Puji dan syukur milik Allah SWT, kita bersyukur atas keberkahan dan rejeki yang berlimpah.

Shalawat dan salam untuk junjunan kita Nabi Muhammad SAW.

Tinggal menghitung hari untuk menyambut bulan Ramadhan 1438 Hijriah. Sebagaimana tercantum perintah Allah pada Qur’an Surat Albaqarah ayat 183.

Sebagai persiapan menyambut bulan ramadhan dibahas pada QS Ali Imran Ayat 16-17.

5 poin target di bulan Ramadhan adalah :

1. Asshobirin; menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Istilah sabar bukan berarti berdiam diri tetapi senantiasa bergerak. Karena pafa hakikatnya seluruh aktifitas kehidupan memerlukan gerak termasuk beribadah.

2. Asshodiqin; menjadi pribadi yang jujur dalam lisan, perilaku dan tingkah laku keseharian.

Dalam Hadist disebutkan bahwa jujur akan mengarahkan kepada kebaikan dan kebaikan akan mengantarkan ke sorga.

3. Alqonitin; menjadi pribadi yang taat dalam beramal sholeh. Tentunya berperilaku disiplin. Seperti membaca Alquran paling minim 10 ayat per hari, karena akan menjadi syafaat kelak di hari akhir.

Tantangan terberat adalah konsistensi dan sikap istiqomah pasca bulan ramadhan.

4. Almumfiqin; menjadi pribadi yang lebih peduli dan perhatian.

5. Almustagfirina bil ashar; memlakukan dan memperbanyak istigfar di waktu sahur, bertobat dari segala dosa yang dilakukan. Karena kematian semakin dekat.

Doa memasuki pagi hari yg dicontohkan Rasulullah SAW :

“Allahumma inni as aluka ilman nafia warizqon toyyiban waamalan muttaqobala”

Mencakup 3 permohonan penting yaitu :

1. Ilmu yang bermanfaat

2. Rejeki yang baik dan berkah

3. Amalan-amalan yang diterima Allah SWT

Demikian intisari pengajian shubuh minggu ini.

Wallahualam bisshawab

Mesjid Almuttaqin/08 Mei 2017/penceramah Ustd Cecep Firdaus

Wassalamualaikum Wr Wbr

Belatedly falling in love

My step stopped to see my Uncle was having fun with Haji Dartam’s wife. “It was not a figment, can now see with own head”, but i’m not sure, they could just meet to keep talking.

“Assalamualaikum Uncle Haji !!”, I kind of shouted. He looks shocked, his hands immediately released from the lap of Aunt Suminem.

“Waalaikumsalam, Has not been visiting for a long time”

“Incidentally Om, had sold furniture in the market, continue at once want to meet Uncle”

“Let’s go in”, Uncle invites to enter his home, Aunt Suminem followed with a flirtatious.

” Where Aunt and sister Amah? I asked. “Going to town,  there’s a business.”

I understand, then talk about other things because it has not been met for a long time.

Before saying goodbye, I whispered, “Sorry Uncle, what happens beetween You with Aunt Suminem?”

“Nothing, we just admire each other”

Violet faded accompanied by the singing of insects in the afternoon, accompanied the pique step of seeing the old man who belatedly falling in love.

Pengajian senin shubuh.

Senin pagi yg bejibun tugas serta kerjaan,  dengan semangat pat lima, hadapi semua dengan ceria. Eittt jangan salah, hari senin diawali dengan terbangun jam 3 dan bergegas mandi. Setelah berpakaian rapih, segera beranjak ke garasi untuk menyalakan kendaraan dan mengantar diri ini menuju mesjid AlMuttaqien.

Shalat shubuh berjamaah dirangkai dengan pengajian pagi terasa menyejukkan hati dan perasaan lebih lega. Diawali Kadis Binamarga dilanjut pengarahan singkat pak Sekda, apalagi ustad yang hadir adalah DR Aam Amirudin. Semakin lengkaplah semangat menimba ilmu di majlis ini mendengar penjelasan yang lemah lembut. Intonasi variatif beserta pemahaman ayat yang begitu lugas serta komprehensif.

Sungguh kebijakan pimpinan di Provinsi jawa barat yang mewajibkan kepada seluruh pejabat struktural mengikuti shalat shubuh berjamaah dan pengajian awalnya pro dan kontra. Tetapi seiring perjalanan waktu, banyak hikmah yang di dapat, diantaranya :

a. Tidak terjebak macet di senin pagi, ya iyalah… secara gituu. Ya berangkat jam 3-4 dini hari, udah dipastikan jalan lancar kodong melongpong.

b. Yang hobi ngebut bisa disalurkan, caranya bangun agak telat mepet ke adzan shubuh. Langsung bangun, cuci muka dan ganri baju…. cusss berangkat dengan dada bergetar dan hariweusweus takut apa-apa. Dijamin jadi pembalap dadakan .

c. Yang seneng ketemu temen2 pejabat struktural, disinilah tempatnya. Reuni mingguan saling bertukar cerita dan pengalaman pasca dipisah mutasi karena penugasan. 

Belajar English lg

Waktu terus berlalu menjejak detik meniti menit, satu hal yang agak minder itu adalah penguasaan bahasa internasional.. tu dia, bahasa inggris.

Diinget-inget nilai mata pelajaran bahasa inggris nilainya nggak jelek kok. Nyampe SMU tuh nilai baik-baik aja. Meskipun memang cenderung pasif. Bisa jawab soal ujuan dan (agak) ngerti lirik lagu. Tapi giliran ngomong serasa mulut terkunci. Sehingga cas cis cus nya nggak maksimal.

Di bangku kuliah malah ikut klub bahasa inggris dan lumayan bisa ingat, “I love U, Would you like to marry me?, Please, introduce your self”… jadi lumayan tuh penguasaan bahasa. Hingga di semester 7 klo nggak salah, nilai bahasa inggrisku hampir sempurna. Tapi kenapa sekarang jadi membisu klo ada yg ngobrol bahasa inggris?…

Disadari atau tidak, kemampuan bahasa aksn terpelihara manakala selalu digunakan setiap waktu atau sesering mungkin. Dan…. kembali ke awal kerja pasca kelulusan dari bangku kuliah adalah mengabdi kepada masyarakat secara langsung yaitu di kantor kecamatan dan lingkup desa . Bahasa yang digunaksn rutin adalah bahasa rakyat khususnya bahasa sunda loma (akrab) dan nggak pernah lagi ber-inggris ria.

Terlepas dari itu semua, yang mungkin hanya sebagai justifikasi kelemahan diri. Sekaranglah saatnya belajar kembali. Mempelajari bahasa inggris dengan pendekatan praktis. Atas skenario Allah Swt dipertemukan dengan Pak Pri, pelatih private bahasa inggris yang kebetulan tetangga. Maka tanpa banyak diskusi, sudah dimulai sejak 4 minggu lalu.

Perlu kiranya pengetahuan ini ditulis dalam blog online sehingga siapapun yg butuh bisa tinggal comot gituu. Juga tidak lupa nulis inipun udah ijin sana Pak Pri.

Pertemuan pertama membahas tentang Fondasi pemahaman bahasa inggris yaitu tentang ‘Kind of Auxiliary Verb” yang terbagi atas 4 kelompok besar, yaitu :

1. To be,  to be use to make sentences which a means : sedang.

Ada 2 rumus to be :

a. S + to be + V-ing + …….

b. S + to be + being + out of verb + …..

2. To do, to be use to make negatif/interogative sentences.

3. To have, to be use to make sentences which as means : telah. 

4. Modals ( Can, may, must, shall, will).